Ads 468x60px

Labels

Manfaat Serta Cara Pembuatan Beberapa Obat Herbal Dari Daun Waru

Waru adalah salah satu tumbuhan liar. Waru dapat tumbuh dengan sangat mudah di tanah yang manapun, terlebih lagi saat musim hujan. Di berbagai perkampungan, daun tumbuhan ini terkadang hanya dimanfaat kan sebagai pembungkus makanan tradisional. Namun sebenarnya, waru memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Menurut beberapa penelitian, mulai dari akar, daun dan bunga waru dapat dimanfaatkan sebagai obat kesehatan. Seperti halnya Akar waru dapat dimanfaat kan sebagai obat demam dan terlambat haid. Sedangkan bunga waru dapat dimanfaatkan sebagai obat radang mata. Dan yang terakhir daun waru yang memiliki segudang manfaat seperti obat batuk, berak darah, paru-paru, demam, sesak napas, bisul, radang usus, penyubur rambut, Abses dan masih banyak lagi.

Adapun cara pembuatan obat herbal dari daun waru adalah :

  1. Batuk
Pemanfaatan daun waru sebagai obat batu, yaitu dengan cara menyiapkan 10 lembar daun waru yang telah disuci bersih. Kemudian rebus daun tersebut ke dalam 3 gelas air hingga air berkurang 1/4. Setelah dingin, saring air tersebut, kemudian minum sehari 3 kali ( masing-masing 1/3 bagian ). Tambahkan madu secukupnya untuk menambahkan sedikit rasa pada airnya.

  1. Radang Amandel
Pemanfaatan daun waru sebagai obat radang amandel, yaitu dengan cara menyiapkan 1 genggam daun waru yang telah dicuci bersih, kemudian rebus ke dalam 2 gelas air hingga sisa 1,5 gelas. Setelah itu tunggu dingin kemudian saring air tersebut dan berkumurlah menggunakan air saringan itu kemudian minum. Sehari 3 – 4 kali dalam penggunaan seteguk dalam sekali konsumsi.

  1. Radang Usus
Pemanfaatan daun waru sebagai obat radang usus merupakan yang paling mudah diantara pemanfaatan lainnya, yaitu dengan cara menyiapkan daun waru muda yang masih kuncup. Kemudian cuci bersih dan makan layaknya seperti lalapan.

  1. Muntah Darah
Pemanfaatan daun waru sebagai obat muntah darah, yaitu dengan menyiapkan 10 lembar daun waru yang telah dicuci bersih. Kemudian giling daunnya hingga halus dan tambahkan segelas air minum. Setelah itu remas daun waru layaknya sedang mengambil santan pada kelapa. Setelah itu saring kemudian minum air tersebut sekaligus.

Demikianlah manfaat serta cara membuat obat herbal dari daun waru. Pemanfaatan daun waru sendiri sangat banyak. Oleh karena itu, sebagian orang telah menggunakan waru sebagai obat herbal. Meskipun begitu, obat herbal yang terbuat dari daun waru juga harus dikonsumsi secara rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal.