Ads 468x60px

Labels

Manfaat Serta Cara Membuat Obat Tradisional Dari Tanaman Adas

Foeniculum vulgare Miller adalah nama latin dari tanaman adas yang masih berasal dari keluarga Apiacieae. Adas juga merupakan salah satu tanaman obat yang dapat dijadikan bumbu masakan. Tetapi meski begitu hanya terbatas pada masakan tertentu saja. Oleh karenanya, sebagian orang tidak banyak yang mengenal tanaman ini. Namun sebenarnya, tanaman ini sangat bermanfaat khususnya didunia kesehatan.

Berbagai penelitian menyatakan bahwa tanaman adas memiliki banyak kandungan senyawa seperti anetol, pinem, felandren, anisaldehid, fenkom, limonen, metilchavikol, dipenten, asam anisat, minyak atsiri serta minyak lemak yang memiliki banyak manfaat bagi dunia kesehatan.

Adapun beberapa manfaat tanaman adas bagi kesehatan adalah :
  • Mengobati Batuk
  • Mengobati Sakit Perut
  • Mengobati Ambeien
  • Mengobati Biduran
  • Mengobati Demam, dll

Adapun cara membuat obat tradisional dari tanaman adas, sebagai berikut :

  1. Obat Batuk ( Anak )
Membuat obat batuk dari tanaman adas, yaitu dengan cara Cuci kemudian lumatkan 1 sdt penuh adas bersama 1 bawang merah dan 4 cm kulit kayu pulasari. Kemudian tambahkan segelas air dan gula batu secukupnya. Setelah itu masak semua bahan tersebut hingga airnya tersisa setengah. Kemudian minum minum air tersebut sebelum tidur malam dan sesudah bangun di pagi hari.

  1. Obat Sakit Perut ( Anak )
Membuat obat sakit perut dari tanaman adas, yaitu dengan cara mencuci dan memarkan 3 sdt penuh adas bersama 5 pucuk daun jambu klutuk dan 10 cm pulasari. Setelah itu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring lalu minum setengahnya dipagi hari dan setengahnya dimalam hari.

  1. Obat Ambeien
Membuat obat ambeien dari tanaman adas, yaitu dengan cara menyiapkan 1 buah bawang merah kupas, setengah gelas daun meniran, 3 sdt penuh adas, segelas daun patikan cina, 1 sdt penuh jintan putih. Kemudian cuci bahan tersebut dan rebus dengan segelas air hingga tersisa setengahnya. Untuk menambah rasa, tambahkan gula batu secukupnya. Setelah itu saring dan minum air tersebut 4 hingga 5 kali sehari.

  1. Obat Biduran
Membuat obat biduran dari tanaman adas, yaitu dengan cara mencuci dan melumatkan 4 cm kulit batang pulasari bersama 2 sdt penuh adas dan 2 buah bawang merah dikupas. Kemudian seduh dengan 1 ½ gelas air panas. Setelah itu diamkan beberapa menit dan saring air tersebut menggunakan kain lalu minum 3 kali sehari dengan dosis ½ gelas.

  1. Obat Demam
Membuat obat demam dari tanaman adas, yaitu dengan cara menyiapkan 2 sdt penuh adas dan 4 cm kulit batang pulasari. Kemudian cuci bahan tersebut hingga bersih lalu rebus dengan segelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah itu siapkan labu air lalu cuci hingga bersih kemudian kupas kulitnya dan parut hingga halus. Kemudian peras menggunakan kain hingga airnya keluar -/+ segelas, lalu campurkan dengan air rebusan adas pulasari dan tambahkan 2 sdtm madu lalu minum sekaligus.

Demikianlah beberapa manfaat serta cara membuat obat tradisional dari tanaman adas. Guna mendapatkan hasil yang efektif, konsumsi obat tersebut hingga penyakit Anda sembuh.