Ads 468x60px

Labels

Manfaat Dan Cara Membuat Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional

Jambu biji adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin serta serat yang melimpah. Sekarang ini, sudah banyak berbagai produsen yang memproduksi jambu biji sebagai minuman. Diberbagai restaurant jambu biji disajikan sebagai jus. Hal ini dikarenakan selain rasanya yang enak dan manis, jambu biji juga memiliki banyak manfaat.

Lantas bagaimana dengan daunnya..? sebagian orang kurang memperhatikan daun jambu biji. Padahal manfaat dari daun jambu biji juga tidak kalah dari buahnya. Daun jambu biji sendiri juga dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Dikarenakan daun jambu biji memiliki banyak kandungan berupa tannin yang memiliki sifat astringent yang memiliki fungsi anti diare. Selain dari itu juga terdapat kandungan minyak atsiri yang berupa zat avikularin serta guaijaverin yang memiliki sifat anti bakteri. Bahkan daun jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak.

Adapun beberapa manfaat dan cara membuat daun jambu biji sebagai obat tradisional

  1. Mengobati Diare
Daun jambu biji dapat dimanfaatkan untuk mengobati diare, adapun caranya yakni dengan 6 lbr daun jambu biji. Kemudian cuci hingga bersih lalu tumbuk sambil menambahkan segelas air matang. Setelah itu peras air daun jambu tersebut menggunakan kain dan minum airnya. Dianjurkan meminum 2 kali dalam sehari.

  1. Mengobati Sakit Maag
Daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit maag, yakni dengan cara mencuci 8 lbr daun jambu biji hingga bersih. Setelah itu rebus kedalam 1 ½ L air. kemudian minum air rebusan tadi 3 kali dalam sehari.

  1. Obat Luka
Daun jambu biji juga dapat dibuat obat luka, yakni dengan cara mencuci 3 lbr daun jambu biji. Setelah itu mengunyah daun tersebut sampai lumat lalu tempelkan pada bagian tubuh yang luka. Karena kandungan astringent yang tyerdapat dalam daun jambu biji sehingga dapat menghentikan pendarahan.

  1. Obat Sariawan
Untuk membuat obat sariawan dari daun jambu biji adalah dengan cara merebus segenggam daun jambu biji dan 1 ruas jari kulit batang jambu biji kedalam 1 L air. Tunggu hingga air tersisa setengahnya, kemudian diamkan hingga dingin lalu minum airnya sekaligus.

Demikianlah beberapa manfaat dan cara membuat daun jambu biji sebagai obat tradisional. Manfaat yang besar hanya dapat diperoleh jika Anda mengkonsumsinya secara rutin.