Ads 468x60px

Labels

Manfaat dan Cara Membuat Bunga Matahari Sebagai Obat Tradisional

Hellianthus annuus atau yang lebih dikenal dengan sebutan bunga matahari merupakan tanaman hias yang sangat indah. Tanaman ini awalnya berasal dari meksiko, nama dari bunga matahari diambil karena warna bunga ini sangatlah cerah dan selalu menghadap ke matahari.

Bunga matahari memiliki manfaat yang sangat banyak. Selain untuk memperindah taman, biji dari bunga ini juga dapat dimakan. Selain itu bijinya juga dapat diproses sedemikian rupa hingga menjadi kopi atau coklat.
Selain dari bunga matahari, bijinya juga dapat dimanfaatkan untuk melindungi kulit serta menangkal atau mencegah molekul reaktif yang dapat menyerang sel-sel pada kulit tubuh. Karena kaya akan vitamin E biji matahari juga dapat diolah menjadi minyak guna melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet yang disebabkan oleh cahaya matahari.

Dalam Negara asalnya, bunga matahari banyak dimanfaatkan sebagai sumber minyak pangan maupun industri. Minyak dari bunga matahari ini sangat terkenal di dunia, karena kandungan asam lemak tak jenuh yang sangat baik bagi tubuh manusia.
Adapun manfaat dan cara membuat bunga matahari sebagai obat tradisional

1. Sebagai Obat Penurun Tekanan Darah
Bunga matahari juga dapat dimanfaat kan sebagai obat penurun tekanan darah, yakni dengan cara merebus beberapa bunga matahari dalam segelas air hingga airnya tersisa setengahnya. Kemudian saring air tersebut dan minum 2 kali dalam sehari. Ramuan ini sangat dipercaya dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

2. Mencegah Dan Mengobati Malaria
Bunga matahari juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mencegah ataupun mengobati malaria, yakni dengan cara merebus beberapa daun bunga matahari dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas air lagi. Setelah itu saring dan minum ramuan tersebut sekaligus, dianjurkan mengkonsumsi ramuan ini secara rutin.

3. Obat Batuk
Manfaat lain dari bunga matahari adalah sebagi obat batuk. Yakni dengan cara merebus 1 bunga matahari kedalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring airnya dan minumlah 2 kali dalam sehari.

Demikianlah beberapa manfaat dan cara membuat bunga matahari sebagai obat tradisional. Mengkonsumsi secara rutin dapat membuat manfaat yang maksimal.