Ads 468x60px

Labels

Kelemahan dari Toko Online bagi Penjual dan Pembeli

Keberadaan toko online di Indonesia saat ini sangat menjamur. Banyak pelaku usaha yang tertarik untuk berbisnis online karena banyak sekali manfaat serta keuntungan yang dapat diperoleh dari berbisnis online. Beberapa keuntungan dari berbisnis online diantaranya adalah jaungkauan pasar atau segmentasi pasar yang jauh lebih luas dari toko konvensional atau toko offline. Selain itu, modal yang diperlukan untuk membuka toko online juga jauh lebih minim daripada toko offline. Selain itu, kecanggihan internet serta teknologi lainnya memudahkan penjual dan pembelinya melakukan transaksi dengan cepat, mudah, dan efektif. Terlepas dari berbagai keuntungan ini, berbisnis online juga memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan.

Toko online juga memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan dalam pengoperasiannya. Salah satu kelemahan dari bisnis online yaitu penipuan atau keamanan. Sepertinya, konsumen memiliki resiko yang lebih tinggi akan penipuan dalam perdagangan secara online karena mereka tidak dapat memeriksa langsung barang yang akan mereka beli. Selain itu, keamanan komputer juga menjadi perhatian utama dalam berbisnis onlie. Dalam berbisnis online, para pelaku usaha memafaatkan bermacam platform seperti situs atau blog serta jejaring sosial lainnya. Variasi platform tersebut rentan akan penipuan baik secara dimanipulasi atau dibajak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Di dalam toko online, terkadang keterbukaan total biaya sangat kurang. Artinya, terkadang konsumen agak sulit mengetahui total biaya yang harus dibayar.

Selain itu, ada lagi beberapa kelemahan dari toko online. Diantaranya adalah masalah privasi yang mungkin dianggap sangat penting bagi konsumen. Banyak sekali bisnis online yang mengharuskan para konsumennya menginformasikan beberapa hal yang dianggap sangat personal. Memang tidak ada salahnya menginformasikan hal-hal tertentu untuk menghindari penipuan atau kejahatan lainnya. Namun, di sisi lain dengan memberikan berbagai informasi pribadi kepada toko yang berbasis internet pun beresiko juga akan kasus penipuan. Maka dari itu, dalam memilih toko online para konsumen harus jeli dan teliti agar tidak terkena penipuan. Pelaku usahanya pun harus selalu waspada akan calon konsumen yang mungkin bisa juga melakukan aksii penipuan.