Ads 468x60px

Labels

Beberapa Manfaat Dan Cara Membuat Obat Tradisional Dari Bunga Melati

Jasminum sambac atau yang lebih dikenal dengan nama bunga melati merupakan bunga yang dijadikan pelengkap dalam berbagai acara seperti hajatan, adat serta beberapa ritual lainnya. ciri khas dari bunga ini adalah warna serta wangi yang keluar dari bunganya. Karena wanginya yang khas, tidak sedikit produsen parfum yang menggunakannya sebagai bahan pembuat parfum ataupun minyak untuk pijat.

Ciri dari tanaman ini yaitu dengan daun hijau yang berbentuk ovale dan runcing ujungnya serta bunga yang memiliki mahkota putih yang berlapi-lapis. Tanaman ini termasuk dalam kategori tumbuhan semak, dengan tinggi pohon yang bisa mencapai -/+ 7 meter.
Selain dimanfaatkan sebagai pelengkap di berbagai ritual, parfum atau minyak pijat. Bunga melati juga memiliki manfaat dalam dunia kesehatan. Adapun beberapa manfaat dan cara membuat obat tradisional dari bunga melati .

  1. Meringankan Gejala Insomnia
Bunga melati dapat dimanfaatkan untuk meringankan gejala insomnia, yakni dengan cara merendam beberapa bunga melati yang masih segar dalam air dingin beberapa menit, kemudian ambil bunga tersebut dan kompreskan pada kelopak mata guna menenangkan pikirin sehingga dapat tidur dengan lebih mudah.

  1. Meringankan Gejala Sakit Kepala
Benga melati dapat dimanfaatkan juga sebagai obat untuk meringankan gejala sakit kepala, yakni dengan cara merendam beberapa bunga melati kedalam minyak kelapa atau zaitun selama setengah hari. Setelah itu usapkan minyak tersebut pada palipis guna meredakan gejala sakit kepala.

  1. Mengatasi Iritasi Pada Payudara
Bungan melati juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi iritasi pada payudara, yakni dengan cara menumbuk beberapa bunga melati yang telah dicuci kemudia ditempelkan pada bagian iritasi guna mempercepat proses penyembuhan.

  1. Obat Diet
Bunga melati juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diet, yakni dengan cara meminum the melati atau menyeduh bunga melati yang dah kering dengan air panas. Kemudian minum disaat masih hangat.

  1. detoksifikasi
Bunga melati juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam detoksifikasi, yaitu meminimalisir racun-racun bahan kimia yang berada dalam tubuh. Adapun caranya dengan merebus bunga melati bersama perasan air jeruk nipis, kemudian minumlah air rebusan tersebut saat pagi hari. Saat meminumnya jangan lupa dalam keadaan hangat guna mendapatkan hasil yang benar-benar memuaskan.

Demikianlah beberapa manfaat dan cara membuat obat tradisional dari bunga melati. Masih banyak manfaat lain yang dapat diperoleh dari bunga melati.