Ads 468x60px

Labels

Daftar Hak Cipta Untuk Pembatasan Monopoli Hasil Karya

Daftar Hak Cipta Untuk Pembatasan Monopoli Hasil Karya
    Daftar hak cipta dilakukan agar hasil karya yang telah anda susah payah ciptakan tidak dimonopoli oleh orang lain hingga akhirnya anda akan mengalami kerugian baik intelektual ataupun material. Seperti yang kita tahu bahwa hak cifta merupakan hak eksklusif yang diberikan kepada pemegang hasil karya cipta atau pihak yang menciftakan suatu hasil karya. Jadi pada saat anda memiliki sebuah hasil karya khususnya dalam bidang seni seperti seni puisi, seni drama, seni tari dan seni lainnya disarankan untuk segera mendaftarkannya kepada direktorat yang berwenang mencatat dan memberikan sertifikat. Bahkan karya lain seperti program komputer atau siaran televisi dapat anda daftarkan agar hasil karya yang anda tuangkan dari hasil ide dan pemikiran anda tidak disalah gunakan oleh sembarang orang ataupun digandakan tanpa seizin dan kerjasama yang berdasarkan kesepakatan dengan anda yang memiliki hak atas ciptaan tersebut.

    Daftar hak cipta ini dapat dilakukan langsung pada direktorat jenderal yang memegang kuasa atas pencatatan hak cipta oleh anda sendiri ataupun melalui jasa konsultan yang menangani permohonan pendaftaran hak cipta. Jika hak cipta anda telah terdaftar sebagai milik anda, maka tidak ada orang lain yang dapat melakukan plagiarism sehingga ciptaan anda lebih aman. Tapi bukan berarti hak cipta yang didaptarkan ini untuk melakukan monopoli hasil ciptaan tapi membatasi kepada pihak lain yang akan melakukan monopoli hasil karya yang telah dibuat. Bahkan saat ini tidak jarang ada pihak yang tidak segan segan untuk mengakui sebuah hasil karya yang telah memiliki hak cipta padahal jelas jelas hasil karya tersebut telah terdaftar ada pemiliknya. Tapi ketika anda memegang kewenangan atas hak cifta tersebut tentunya anda memiliki kekuatan hukum dan anda dapat melakukan tindakan hukum baik pidana ataupun denda kepada orang yang melakukan klaim atas hak cifta yang telah terdaftar. Hak cifta merupakan jenis hak yang sifatnya sebuah kekayaan intelektual dengan proses permohonan yang tidak sebentar dengan mekanisme yang cenderung rumit sehingga akan membingungkan jika anda masih awam pada pendaftrannya.

    Saat anda melakukan daftar hak cipta pada direktorat yang kuasa dan memiliki wewengan mengesahkan permohonan tentunya ada dasar hukum yang harus menjadi landasan dan anda harus mengikutinya agar niat baik anda tidak berlawanan dengan hukum. Hukum disini artinya undang undang yang mengatur tentang hak cipta dari mulai pendftaran, siapa yang mengurusnya, siapa yang bertanggung jawabnya, seperti apa bentuknya, persyaratannya dan lain sebagainya. Hal inilah yang akan melengkapi dan memudahkan anda pada saat mendaftarkan karya cipta sehingga apa yang telah anda miliki dari hasil kreasi intelektual anda tidak dengan mudah dimonopoli oleh pihak lain yang akhirnya akan menjadikan anda mengalami kerugian materi dan imateri.